Soal psikotes gambar biasa disebut dengan tes logika penalaran. Tes ini terdiri atas deret gambar baik dua maupun tiga dimensi. Penggunaan tes ini adalah yang ingin diukur adalah kemampuan anda dalam memahami pola pola atau kecenderungan tertentu dalam wujud gambar untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut. Selain itu tes gambar adalah sebuah tes psikologi yang bertujuan mengukur kecerdasan seseorang dalam hal dimensi keruangan atau space. Bersama dengan tiga jenis tes lain, yaitu tes verbal, tes logika dan tes angka (kuantitatif),selain dipakai dalam psikotes seleksi karyawan,tes gambar ini juga umum dipakai dalam tes seleksi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi yang dikenal dengan istilah TPA (Tes Potensi Akademik). Adapun tes gambar ini memiliki 5 jenis soal yaitu tes seri gambar, identifikasi gambar, hubungan gambar, bayangan gambar dan pengelompokan gambar. Untuk bisa melalui tes gambar ini sebenarnya tidak ada metode khusus, jika memang anda adalah kandidat yang benar benar tepat dan dibutuhkan perusahaan rekruiter entah bagaimanapun caranya anda akan tetap bisa meyelesaikan tes gambar lebih mudah sesuai dengan naluri dan kehendak anda sendiri dan tepat dengan kebutuhan recruiter perusahaan pengada rekrutment. Tapi tidak ada salahnya anda mencoba terlebih dahulu sebelum menghadapi ujian sesungguhnya dengan contoh soal psikotes gambar.

soal psikotes gambar

Soal Psikotes Gambar

Soal psikotes gambar merupakan salah satu dari tes untuk melihat aspek kepribadian dari seorang calon karyawan, meskipun demikian aspek kepribadian ini juga dilihat dengan menggunakan tes yang lainnya. Perusahaan ingin melihat kesesuaian antara karakter kepribadian anda dengan jenis pekerjaan dan budaya yang ada di perusahaan tersebut. Tidak ada gambar yang benar atau salah dalam tes ini. Pastikan bahwa anda menggambar sesuai dengan instruksi yang diberikan. Sedangkan tujuan tes gambar lebih menekankan pada detail spesifikasi dan daya imaginasi tetapi diintepretasikan pada perspektif gambar yang spesifik dan berhubungan secara psikis dengan visi dan misi perusahaan rekruiter pengada rekruitasi. Jadi begini tipsnya anda harus perbanyak mengerjakan soal psikotes gambar dan tanyakan kepada mereka yang pernah mengalami tes ini dan lulus serta mintalah contoh soal psikotes gambar.

Soal psikotes gambar untuk basic dan dasarnya biasanya adalah tes gambar pohon dan tes gambar manusia. Pohon yang dimaksud dari jenis pohon apapun, mau pohon mangga, rambutan apel, jeruk dan lainnya,maupun menggambar orang. Kenapa dua gambar ini menjadi titik penilaian kepribadian seseorang berdasarkan tes gambar karena objek manusia dan gambar pohon lebih memiliki titik detail dan spesifikasi yang unik dibandingkan objek lainnya. Apapun bentuk garis,arsiran,detail gambar dan merepresentasikan seperti apa kompetensi dan kepribadian anda, hanya tester atau psikolog yang bisa membaca dan memberikan penilaian yang tepat sesuai kebutuhan rekruiter. Untuk mengikuti tes ini gambarnya tidak harus bagus dan indah karena yang dinilai adalah aspek perspektif kepribadian dan daya imajinasi yang sedang diujikan. Disini akan terbaca semua kemampuan dan kriteria seperti apa anda sebenarnya. Seperti halnya tes psikotes lainnya perhatikan arahan pengawas ujian, perhatikan apa yang benar-benar diminta, perhatikan antara kalimat dalam soal dengan yang diucapkan pengawas atau rekruiter. Kenapa begitu karena rekruiter paling tau apa yang benar benar sedang dibutuhkan perusahaan dengan pengadaan rekruitasi tersebut. Perhatikan hanya arahan dari pengawas supaya anda tidak terjebak dari pembacaan soal. Karena detail tidaknya yang akan anda gambarkan tergantung dari arahan pengawas. Hal ini tidak akan begitu rumit bila anda sudah pernah mengerjakan contoh soal psikotes gambar.

Soal psikotes gambar yang harus anda perhatikan adalah bentuk garis,lengkung,titik atau bidang apa saja yang diberikan pengawas pada anda. Bidang dasar ini biasanya akan anda gunakan untuk melanjutkan gambar perspektif sesuai dengan dengan visi dan kebutuhan perusahaan tersebut. Jika anda sudah mendapatkan arahan yang tepat dari pengawas mulailah menggambar sedetail dan spesifik mungkin anda bisa terutama perhatikan detail bagiannya yang paling berhubungan dengan visi, misi dan profile perusahaan serta segmen bisnis utamanya. Gambarlah jangan seperti menggambar arsiran, gunakan cara tepat dan mantap serta tidak melebihi garis. Selesaikan tes gambar sebisa mungkin anda bisa, gunakan feeling dan perceptions yang tepat, terserah sesuai dengan naluri anda. Karena tes ini akan mengungkap kompetensi tersembunyi anda yang mungkin tak pernah anda sadari sebelumnya melalui tes ini.Tes psikotes gambar sangat unik dan taktis karena realitanya seseorang yang baru pertama kali tahu dan menjalani tes ini menurut pengalaman yang sudah sudah akan kaget karena gambar sudah detail dan bagus secara seni lukis dan estetika,tetapi ada gambar yang lebih simpel justru itu gambar yang masuk menurut rekruiter. Jadi bisa disimpulkan bahwa tes ini mencangkup berbagai hal jadi siapkan diri anda dan selamat mengerjakan soal psikotes gambar.

——————————————————

Untuk mempersiapkan Ujian PSIKOTEST yang akan diadakan disetiap perusahaan, Maka kami merekomendasikan Anda untuk membaca Ebook Berjudul “Taklukan Soal-Soal Psikotest Bank-BUMN” sebagai alat untuk persiapan menjawab soal-soal psikotest dengan percaya diri .

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ebook ini, silakan klik gambar dibawah ini:

Soal Psikotest BANK dan Soal Psikotest BUMN

Info EBOOK >> 0898 6968 303