Psikotes menggambar orang ini mengharuskan anda untuk menggambar sesorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab,kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja. Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki,termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga juga gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya pak tani sedang membawa cangkul, eksekutif muda sedang menenteng koper dll. Gambarlah serapi mungkin walau ini bukan dari penilaian utama dan jika diminta untuk menyebutkan nama orang yang sedang digambar tersebut buatlah dengan nama anda.

Dalam tes ini juga bisa dilihat ekspresi pada kebiasaan dalam hidupnya, pengamatan individu terhadap lingkungannya dan cerminan dari mereka. Banyak orang yang menghadapi tes ini bingung mau berbuat apa jadi buat referensi carilah informasi sebanyak mungkin baik dari teman yang pernah menjalani tes, membaca di buku maupun mencari informasi di internet agar anda tidak kaget sewaktu mengerjakannya. Di Indonesia tes ini banyak digunakan untuk perekrutan pegawai swasta, pegawai pemerintah dan lembaga lainnya. Dalam pengerjaan tes ini bisa dilakukan secara kelompok atau individual. Tes kelompok biasanya digunakan dalam perekrutan pegawai yang berjumlah banyak (misalnya perekrutan pegawai PNS) sementara tes individual digunakan untuk perekrutan pegawai dengan kualifikasi tertentu dan kuantitas sangat terbatas. Ini semua tentang psikotes menggambar orang.

Psikotes menggambar orang memang tidak mudah karena tidak semua orang memahami maksudnya,karena iyu perbanyaklah latihan itu diharapkan bisa membantu anda sewaktu menghadapi tes tersebut. Dalam tes menggambar orang ini jangan memberikan garis penekanan yang berlebihan pada wajah karena penekanan berlebihan pada wajah akan menunjukkan bahwa Anda orang yang tidak percaya diri. Beri garis yang wajar tapi tetap memberikan sentuhan ekspresi yang menyenangkan. Gambarlah orang dengan ukuran dan proporsi yang wajar dan jangan menggambar orang terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran terlalu besar menunjukkan bahwa anda adalah orang yang dominan, sementara ukuran terlalu kecil menunjukkan bahwa anda adalah orang yang kurang percaya diri dan gambarlah orang yang sedang beraktivitas. Dengan menggambar orang yang sedang beraktivitas akan menunjukkan bahwa anda adalah orang yang giat dan pekerja keras. Aktivitas harus detail dan jangan setengah setengah, maksud di sini adalah anda menggambar seorang sedang berdiri dan membuka tangan namun tak jelas apa yang dia lakukan. Jika Anda ingin menggambar orang yang sedang berpresentasi, berikan fitur-fitur pendukung, misal papan presentasi, laptop, LCD dan beri judul gambar. Tapi sebelum mengerjakan tes ini dengarkan secara seksama instruksi dari pengawas agar anda tidak salah dalam mengerjakan psikotes menggambar orang.

Psikotes menggambar orang menunjukkan  gambar yang anda buat adalah pribadi anda,maka gambarlah orang sesuai jenis kelamin anda. Jika anda seorang wanita, gambarlah seorang wanita. Jika Anda pria, maka gambarlah seorang pria. Selain itu, ekspresi dan aktivitas juga menunjukkan anda orang seperti apa. Usahakan menggambar orang dengan ekspresi bahagia atau tersenyum dan juga giat melakukan sebuah aktivitas. Bila anda menggambar orang sebuah profesi,profesi orang yang anda gambar harus jelas. Hal tersebut bisa ditunjukkan melalui aktivitas, lingkungan, maupun detail pakaian dan aksesoris maupun peralatan yang digunakan. Untuk wanita jangan menggambar aksesoris perhiasan yang berlebihan karena akan menunjukkan bahwa anda orang yang matrialistis. Usahakan jika anda ingin menggambar aksesoris, gambarlah jam tangan dan sabuk karena kedua aksesoris tersebut menunjukkan bahwa anda adalah orang yang berdisiplin. Gambarlah orang di tengah tengah kertas. Jangan gambar orang terlalu condong ke kiri atau ke kanan. Untuk mengakali hal tersebut, anda dapat membuat garis vertikal yang sangat tipis sebagai pembagi kertas saat sebelum menggambar. Garis ini yang akan anda jadikan acuan dalam menggambar orang agar simetris dan letaknya tepat di tengah kertas. Berikan tekanan pada garis leher karena hal ini untuk menunjukkan bahwa anda memiliki kemauan yang tinggi. Banyak hal yang dinilai dalam psikotes menggambar orang.

Psikotes Menggambar Orang

Psikotes Menggambar Orang

Psikotes menggambar orang memiliki banyak penilaian karena itu perhatikan dengan seksama sewaktu anda melakukan pelatihan atau belajar sendiri dengan mencoba mengerjakan contoh psikotes ini. Jadi paling tidak sewaktu mengerjakannya nanti anda tidak kesulitan dalam menentukan hal hal penting yang harus dilakukan seperti buatlah bahu yang proporsional karena bahu yang terlalu besar, kecil atau besar sebelah menunjukkan bahwa anda tidak percaya diri dengan tubuh anda. Gambarlah tangan dengan aksen terbuka dan terlihat detail dari jari tangan. Tangan yang tersembunyi di belakang tubuh atau saku celana menunjukkan bahwa anda orang yang memiliki gangguan hubungan sosial. Sementara tangan yang terbuka menunjukkan bahwa anda adalah orang yang mudah bekerja sama serta fleksibel. Kesimpulannya banyak hal yang harus anda perhatikan dalam tes ini, jadi semoga anda lulus psikotes menggambar orang.

——————————————————

Untuk mempersiapkan Ujian PSIKOTEST yang akan diadakan disetiap perusahaan, Maka kami merekomendasikan Anda untuk membaca Ebook Berjudul “Taklukan Soal-Soal Psikotest Bank-BUMN” sebagai alat untuk persiapan menjawab soal-soal psikotest dengan percaya diri .

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ebook ini, silakan klik gambar dibawah ini:

Soal Psikotest BANK dan Soal Psikotest BUMN

Info EBOOK >> 0898 6968 303